Mengatasi Ikon Baterai Tidak Muncul

Ikon baterai hilang? Refresh aja biar muncul!
Informasi Baterai pada Laptop. (Jurnal Naim)

Baterai merupakan komponen indikator penting bagi pengguna laptop. Apabila akan habis, maka pengguna bisa segera mengisi daya agar laptop tidak mati. Namun terkadang permasalahan muncul: ikon baterai tidak muncul di taskbar.

Jika dibiarkan saja tentu ini sangat mengkhawatirkan, apalagi ketika sedang mengerjakan projek yang penting. Karena kita tidak bisa memprediksi kapan baterai tersebut akan habis. Maka akan jauh lebih baik jika kita segera memperbaikinya.

Penyebab hilangnya ikon baterai ini bisa beragam. Salah satunya adalah driver yang tidak bekerja dengan baik karena suatu hal misalnya tersangkut atau malfunction sehingga perlu direfresh.

Waduh, terus bagaimana dong solusinya? Tenang. Di postingan ini mari kita bahas bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut.

Cara 1: Refresh Driver Baterai

Pertama, buka Computer Management yang ada di Windows Anda. Bagi yang belum tau caranya, yaitu dengan klik kanan pada This PC, lalu pilih Manage.

Membuka Computer Management melalui Manage. (Jurnal Naim)

Setelah Computer Management terbuka, klik pada menu Device Manager yang ada di sebelah kiri. Disini akan muncul semua driver yang terinstall pada komputer atau laptop kita mulai dari audio, baterai, display, dan lain sebagainya. Kita akan fokus pada bagian baterai sesuai permasalahan.

Klik pada bagian Batteries, maka akan terdapat dua driver yang sudah terinstall yaitu Microsoft AC Adapter dan Microsoft ACPI-Compliant Control Method Battery. Klik kanan pada Microsoft ACPI-Compliant Control Method Battery, lalu pilih Disable Device.

Proses Disable Device pada Driver Microsoft ACPI-CCMB. (Jurnal Naim)

Apabila muncul peringatan, jangan khawatir. Klik OK saja. Disable Device tersebut bertujuan untuk merefresh kembali driver dengan kita mematikannya (Disable), lalu nanti menjalankannya kembali (Enable).

Setelah kita Disable Device, maka akan ada perubahan icon dengan arah kebawah yang menandakan bahwa driver telah ter-disable. Selanjutnya, klik kanan kembali pada Microsoft ACPI-Compliant Control Method Battery tersebut, dan klik Enable Device.

Proses Enable pada Driver Microsoft ACPI-CCMB. (Jurnal Naim)

Cek apakah ikon baterai laptop Anda sudah muncul. Jika Anda mengikuti tutorial diatas dengan seksama, maka seharusnya permasalahan telah teratasi.

Cara 2: Restart Laptop

Alternatif cara lain dan yang mungkin paling simpel, yakni melakukan restart perangkat. Sebab dalam proses restart, perangkat akan dinyalakan kembali yang artinya semua komponen driver akan di load secara otomatis dalam proses tersebut.

Tapi tentu tidak semua orang suka menunggu proses restart ini, apalagi jika kita sedang terburu-buru mengerjakan sesuatu. Maka silahkan pilih cara mana yang paling sesuai dengan kondisi Anda. Sebab tujuan kedua cara ini adalah sama: mengembalikan ikon baterai yang hilang.

Semoga bermanfaat.

An introvert. Loves to write and read.

Posting Komentar

Sampaikan pendapat, pertanyaan, atau kritik anda!