Mengecilkan Ukuran PDF Secara Offline

Proses bisa offline, lebih nyaman dan efisien.
Mengecilkan ukuran PDF. (icon: Wikipedia)

Portable Document Format atau biasa disingkat PDF merupakan sebuah dokumen yang saat ini populer dan digunakan untuk berbagai kebutuhan pemberkasan. Ukurannya tidak terlalu besar, dan yang paling penting adalah bisa dibuka diberbagai aplikasi bahkan browser sekalipun.

Terkadang satu kendala yang dihadapi adalah ukuran PDF yang terlalu besar ketika diminta upload untuk keperluan tertentu, padahal Anda disyaratkan harus mengunggah dokumen tersebut tidak lebih besar dari ukuran yang ditetapkan. Solusinya adalah mengecilkan ukuran PDF tersebut menggunakan aplikasi gratis.

Mengapa Aplikasi Offline?

Sebenarnya saat ini banyak layanan online berbasis website yang menyedikan kemampuan untuk mengecilkan ukuran PDF. Namun bagi saya pribadi, mengecilkan ukuran PDF melalui software secara offline lebih memberikan ketenangan dan mengurangi risiko. Apalagi jika dokumen tersebut penting.

Selama ini, saya menggunakan software freeware bernama Free PDF Compressor. Menurut situs resminya, software yang dirilis pada 2013 ini memang gratis (freeware) dan bisa digunakan untuk personal dan non-komersial.

Anda dapat mendownload software tersebut melalui link berikut ini.

Free PDF Compressor via Softsea

Cara Menggunakan

Lakukan instalasi program seperti biasa, kemudian buka software Free PDF Compressor tersebut. Pada tampilan aplikasi, akan tersedia beberapa menu yang perlu Anda perhatikan. Pertama, browse dimana letak PDF yang ingin Anda kecilkan ukurannya.

Tampilan Free PDF Compressor ketika dibuka. (Jurnal Naim)

Kemudian setelah itu, pilih lokasi dimana file PDF hasil kompres akan ditempatkan beserta nama filenya. Secara default, lokasi tersebut akan sama dengan lokasi file PDF asli Anda.

Mengatur lokasi dan nama PDF hasil kompres. (Jurnal Naim)

Pada bagian Settings, akan tersedia lima pilihan hasil kompres yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Penjelasan singkatnya dapat Anda baca pada tabel berikut.

Settings Penjelasan
Screen Kompres maksimal, ukurannya bisa menjadi sangat kecil namun kualitas dokumennya pun juga mungkin kurang baik. Sebaiknya cek kembali dokumen hasil dari kompresi ini.
eBook Kualitas yang lebih baik daripada Screen, dengan resolusi gambar yang lumayan. Cocok untuk dokumen yang didominasi oleh teks tulisan seperti eBook.
Printer Kompresi untuk dokumen yang bertujuan untuk dicetak, sehingga hasil kompressnya High Quality. Ini hanya akan cocok untuk PDF yang ukurannya memang sangat besar sekali.
Prepress Kompresi dengan kualitas hasil yang masih maksimal, dan disertai dengan color prevesing. Ini hanya akan cocok untuk PDF yang ukurannya memang sangat besar sekali.
Default Jenis kompresi yang populer digunakan. Ukuran file hasilnya mungkin bisa menjadi lebih besar dari aslinya.

Setelah memilih kualitas kompres yang diinginkan, selanjutnya Anda tekan Compress. Tunggu proses kompresi berjalan hingga selesai yang ditandai dengan informasi bahwa PDF telah sukses dikompres.

Proses kompresi PDF telah selesai. (Jurnal Naim)

Selesai. Apabila ukurannya masih belum sesuai dengan yang kita inginkan, silahkan memilih pilihan lainnya hingga sesuai. Tentunya Anda juga harus memperhatikan kualitas hasil kompresi PDF tersebut dengan membukanya.

Semoga bermanfaat.

An introvert. Loves to write and read.

Posting Komentar

Sampaikan pendapat, pertanyaan, atau kritik anda!