Menampilkan Layar Laptop ke TV Tanpa Kabel

Menampilkan layar laptop ke TV tanpa kabel bisa dilakukan menggunakan fitur Cast yang dimiliki Windows.
Menampilkan layar Laptop ke TV adalah hal yang kerap dilakukan oleh sebagian orang, terutama bagi mereka yang sedang meeting agar bisa menyaksikan visual yang dibicarakan bersama-sama.

Artikel ini hanya dikhususkan untuk pengguna sistem operasi Windows.

Dalam beberapa kondisi, hal itu bisa menjadi kendala. Misalnya ketika lupa membawa kabel HDMI. Ataupun kondisi laptop yang tidak memiliki port HDMI. Yup, ada beberapa laptop yang tidak disediakan lagi port HDMI. Hanya port tipe C dan micro USB. Bagi pengguna laptop tersebut pun muncul permasalahan lain sehingga harus membutuhkan perangkat Converter tambahan yang tentunya semakin ribet dan pengeluaran lagi.

Tapi tenang. Ternyata, kita bisa menghubungkan laptop dengan TV menggunakan wireless! Yup! Tanpa kabel. Tentu ini bukan hanya menarik, namun juga sangat efektif dan efisien karena kita tidak perlu mengatur lokasi kabel agar tidak melintang di meja serta memindahnya kesana-kemari jika ada pergantian presentasi. Semua cukup menggunakan fitur Cast wireless yang disediakan di Windows.

Menggunakan WinKey + K

Dalam fitur Cast di Windows, ada fitur Multiple Displays yang bisa kita manfaatkan. Untuk menggunakan fitur yang berbasis wireless, maka Anda bisa melakukannya melalui Settings > System > Display. Ini adalah cara tradisional untuk menggunakan fitur ini.

Ribet? Santai kawan. Ada cara cepat atau shortcut yang bisa digunakan. Yakni cukup menekan tombol Windows Key + K.

Windows Key merupakan sebuah tombol pada keyboard yang bergambar ikon Windows. Biasanya terletak di sebelah kanan Ctrl atau sebelah kiri Alt.

Setelah Anda menekan dua tombol tersebut, akan muncul sebuah window untuk menampilkan daftar televisi disekitar Anda yang tersedia untuk dihubungkan dengan perangkat laptop kita.

Daftar TV dekat kita yang tersedia untuk Cast. (Jurnal Naim)

Selanjutnya, Anda bisa menekan salah satu daftar televisi yang dibutuhkan. Yang biasanya menjadi masalah adalah ketika ada banyak televisi di sekitar kita. Maka dari itu, perlu Anda pastikan bahwa TV yang dimaksud sudah benar.

Gunakan tips sederhana untuk mengenali TV seperti dari namanya dan juga detail seperti inch.

Setelah menemukan TV yang dipilih dan mengekliknya, biasanya TV akan meminta konfirmasi bahwa laptop Anda akan ditampilkan ke layar. Menggunakan remote TV, silahkan Anda pilih Boleh atau Izinkan.

Status di window Cast akan berubah menjadi Connected.

TV telah terhubung dengan laptop. (Jurnal Naim)

Selesai! Pastikan bahwa layar laptop Anda akan tampil di TV.

Mengatur Duplicate atau Extend

Ketika pertama kali terhubung ke suatu TV, biasanya jenis cast yang digunakan adalah Duplicate. Bagi Anda yang ingin privasi atau menampilkannya sebagai Extend sesuai kebutuhan, bisa menggunakan tombol Windows Key + P, lalu kemudian memilih Extend.

Memilih jenis Display yang akan digunakan. (Jurnal Naim)

Adapun penjelasan terkait jenis Display yang akan digunakan adalah sebagai berikut:

Jenis Penjelasan
PC Screen Only Layar laptop Anda tidak ditampilkan pada TV atau Media lainnya.
Duplicate Layar laptop Anda akan ditampilkan sama dengan yang ada di TV.
Extend Layar laptop Anda akan berbeda dengan yang ada di TV karena layar di TV akan menampilkan layar kedua atau tambahan. Ini sangat sering digunakan oleh banyak orang, salah satunya karena lebih kuat dari sisi privasi ketika meeting.
Second Screen Only Layar laptop Anda akan berpindah ke TV, sehingga tampilan layar di laptop Anda akan kosong atau blank.

Sekian artikel kali ini. Semoga bermanfaat!
An introvert. Loves to write and read.

Posting Komentar

Sampaikan pendapat, pertanyaan, atau kritik anda!